Monday, February 25, 2019

Download Rpp Simulasi dan Komunikasi Digital Kompetensi Merumuskan etika kewargaan digital

Pengertian Komunikasi
Sebelum anda download rpp simulasi dan komunikasi digital kompetensi ini, fahami dulu pengertian berikut. Komunikasi yaitu suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat saling bertukar pikiran atau pendapat.
Pengertian Warga digital adalah orang yang sadar dengan hal baik dan hal buruk, mengenai penggunaan internet.

Download Rpp Simulasi dan Komunikasi Digital Kompetensi Merumuskan etika kewargaan digital


Etika Kewargaan digital
Memberikan sebuah ide/gagasan karakteristik, pribadi,  maupun tujuan yang terlaksan dalam dunia maya. Namun sifat sosial media tidak mempertemukan individu yanh satu dengan individu lain, jadi harus sopan santun dan bertanggung jawab.
Pengertian Kewargaan Digital. Kewargaan Digital adalah suatu konsep yang bisa digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar.

Etika Kewargaan Digital
1. Memilih sebuah kata yang tepat saat berkomunikasi
2. Tidak menyinggung orang lain.
3. Tidak memberikan berita yang rahasia

Sudah mulai faham materinya sebelum anda download rpp simulasi dan komunikasi digital kompetensi ini? Selanjutnya komponen Warga Digital dapat dibagi menjadi 9, antara lain:
a. Lingkungan Belajar dan Akademik
Komponen 1.  Akses Digital:  Setiap orang yang mempunyai hak untuk menggunakan fasilitas TIK, namun tidak semua pihak mempunyai kesempatan sama dalam mengakses teknologi.
Komponen 2.  Komunikasi Digital: Semua warga digital diharapkan dapat mengetahui macam-macam komunikasi dan harus tahu kelebihan dan kekurangan komunikasi-komunikasi itu.
Komponen 3.  Literasi Digital: Suatu proses belajar mengajar tentang teknologi atau cara memanfaatkan teknologi.
b. Lingkungan sekolah atau tingkah laku
Komponen 4. Hak digital:  semua warga digital harus mempunyai hak privasi,   kebebasan dalam bertukar pendapat dan lain-lain. Setiap warga digital juga harus mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan , membantu memanfaatkan teknologi, dan mengikuti peraturan yang berlaku.
Komponen 5. Etiket digital: etiket yang dibuat dengan tujuan untuk menjaga perasaan   dan kenyamanan user lainnya.
Komponen 6. Keamanan digital: setiap warga digital harus berhati-hati dalam menjaga informasi dari pihak yang tidak mempunyai tanggung jawab.
c. Kehidupan atau kegiatan anda di luar lingkungan sekolah
Komponen 7. Hukum Digital: digunakan untuk mengatur etika dalam menggunakan teknologi dalam masyarakat.
Komponen 8. Transaksi Digital:  Dalam jual-beli online, penjual dan pembeli harus   menyadari kerugian ataupun keuntungan dalam jual-beli online.
Komponen 9. Kesehatan Digital: selain manfaat teknologi digital, terdapat beberapa hal yang dapat mengancam kesehatan (baik fisik maupun mental). Untuk mencegahnya, kita harus sadar akan bahaya yang dapat ditimbulkan teknologi digital.

Demikian beberapa hal yang dapat anda jadikan referensi, simak juga : download rpp simulasi dan komunikasi digital, untuk informasi lengkapnya.

No comments:

Post a Comment